Matius 22:15-22

Sebuah keteladanan tentang kesetiaan diteladankan oleh Tuhan Yesus Kristus kepada kita semua. Tuhan Yesus setia pada misi menyelamatkan kita semua meski harus menderita dan mati bagi kita semua. Demikain juga dalam bacaan Injil hari ini, kita diajak melihat bagaimana orang Farisi berusaha menjatuhkan Tuhan Yesus di hadapan orang banyak dengan menjebak-Nya.

Dengan tameng memuji Tuhan bahwa Yesus adalah orang yang jujur, tidak takut pada siapapun karena tidak mencari muka, mereka menjebak-Nya dengan harapan bahwa Yesus akan terjebak untuk mengatakan “tidak” membayar pajak kepada Kaisar yang artinya Yesus menentang pemerintahan Romawi, atau berkata “ya” untuk membayar pajak yang artinya Yesus membela penjajah Romawi dan tidak peduli dengan bangsanya sendiri.

Tetapi Yesus bisa cerdik menjawab pertanyaan jebakan itu dengan baik, dengan jujur dan tanpa melupakan kebenaran. Yesus mengatakan apa yang wajib diberikan buat Kaisar, maka wajib diberikan kepada Kaisar, demikian juga kepada Allah, apa yang wajib diberikan kepada Allah, harus diberikan kepada Allah. Disini Yesus tidak membandingan atau menyamakan kesetiaan kepada pemerintah dan kepada Tuhan, namun semuanya mempunyai bagian sendiri-sendiri.

Saudara, di dalam hidup ini ada banyak hal yang harus kita pilih dan pilah. Sebagai manusia yang hidup bersama-sama atau berdampingan dengan manusia lainnya, kita tidak bisa meninggalkan kuwajiban kita sebagai warga masyarakat yang harus menjunjung tinggi peraturan-peraturan atau norma-norma yang berlaku didalam sebuah negara atau daerah. Disisi lain, kita pun juga memiliki iman dan sebagai para pengikut Kristus, kitapun juga memiliki kewajiban-kewajiban yang harus kita lakukan dan upayakan. Sebagai pengikut Kristus mari kita haturkan yang terbaik yang kita bisa lakukan untuk kemuliaan nama Tuhan. Mari kita sepenuhnya mengabdi kepada Tuhan dengan apa yang kita miliki, baik melalui perkataan, perbuatan, dan angan-angan. Tuhan memberkati.
Amin.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.